Panduan Sideka Desktop

Installasi aplikasi sideka

Untuk installasi sideka download terlebih dahulu aplikasi sideka di http://sideka.id, dan klik “unduh sekarang” beikut tampilannya:

Halaman Download Sideka Desktop

Gambar 1 Halaman Download Sideka Desktop.

Double klik aplikasi sideka yang telah di download, aplikasi akan langsung terbuka dan membuat shortcut pada desktop. berikut tampilan aplikasi sideka:

Halaman Utama Sideka Desktop

Gambar 2 Halaman Utama Sideka Desktop.

Untuk membuka kembali sideka dapat meng-klik shortcut aplikasi sideka pada desktop.

Login

Untuk dapat login sideka desktop, username dan password yang digunakan sama dengan username dan password untuk login ke sideka wordpress. Berikut tampilan halaman login sideka desktop:

Login Sideka Desktop

Gambar 3 Login Sideka Desktop

Masukan username dan password, dan klik “log masuk” untuk login, jika lupa password dapat mengklik “Kehilangan password Anda?”, berikut halaman utama sideka jika berhasil login:

Halaman Administrator Sideka Desktop

Gambar 4 Halaman Administrator Sideka Desktop.

Terdapat 4 Modul Utama Pada Sideka Desktop yaitu
  • Kependudukan
  • Pemetaan
  • Keuangan (Perencanaan, Penganggaran, & Penatausahaan)
  • Pengguna

Kependudukan

Untuk Masuk Ke menu Kependudukan Klik menu “Data Penduduk” pada halaman utama sideka, Berikut Tampilah Halaman Pengelolaan Data Penduduk:

Halaman Pengelolaan Kependudukan

Gambar 5 Halaman Pengelolaan Kependudukan.

beranda : Tombol Kembali ke halaman utama.

simpan : Untuk Menyimpan Data Penduduk .

info : Untuk melihat info file, versi dan perubahan lokal.

mutasi : Untuk melakukan mutasi (pindah datang, pindah pergi, kelahiran, kematian) penduduk.

surat : Untuk Membuat berbagai surat terkait kependudukan.

import : Import Excel data kependudukan dari penyimpanan lokal ke sistem SiDeKa Desktop.

export : Export data kependudukan kedalam penyimpanan lokal dalam bentuk excel.

detil : Untuk melihat detil data penduduk berdasarkan penduduk yang dipilih.

keluarga : Untuk melihat data keluarga penduduk yang masih dalam 1 nomor kartu kerluaga

statistik : Untuk melihat statistik kependudukan dalam satu desa.

undo : Undo / Mengembalikan Data ke sebelum di edit

redo : Redo / Mengembalikan Data ke setelah di edit

cut : Cut / Memindahkan Data yang dipilh

copy : Copy / Menggandakan data yang dipilih

paste : Paste / menempelkan data hasil cut atau copy

1.1 Import dan Export data penduduk

Untuk melakukan import data dapat mengklik tanda |browse| atau mengklik tanda import Untuk meng-import data dari Microsoft excel, lalu akan diarahkan untuk memilih berkas, berikut tampilan pemilihan berkas yang akan di import:

Halaman Pemilihan Berkas Data Penduduk

Gambar 6 Halaman Pemilihan Berkas Data Penduduk.

Pilih berkas yang akan di import dan klik open untuk mengimport berkas, berikut adalah hasil import dari excel:

Tabel Data Penduduk

Gambar 7 Tabel Data Penduduk.

Jika sudah melakukan Import data Klik “Simpan” untuk menyimpan data atau berkas. Data yang telah di import dapat di export kembali menjadi file dengan format .xlsx, untuk meng- export dapat mengklik tanda export yang terdapat pada bagian atas, dan akan muncul halaman untuk menyimpan file seperti berikut:

Halaman Penyimpanan Berkas Data Penduduk

Gambar 8 Halaman Penyimpanan Berkas Data Penduduk.

Masukan nama file, dan klik “Save” untuk menyimpan file

1.2 Tambah data penduduk

Untuk menambahkan data penduduk dapat klik kanan pada baris data kependudukan, kemudian pilih insert row above” tampilannya seperti berikut:

Halaman Penambahan Baris Data Penduduk

Gambar 9 Halaman Tambah Data Penduduk.

Sistem akan menampilkan baris kosong yang kemudian dapat diisi dengan data penduduk baru. Klik tombol “simpan” untuk menyimpan perubahan.

Data penduduk yang telah ditambahkan dapat dihapus dengan cara klik pada nomor baris yang akan di hapus lalu klik kanan pada baris tersebut dan klik “remove row” untuk menghapus berikut tampilannya:

Halaman Hapus Baris Data Penduduk

Gambar 10 Halaman Hapus Baris Data Penduduk.

1.3 Pembuatan surat

Pembuatan surat dapat di lakukan dengan cara mengklik data penduduk yang akan dibuatkan surat, dan klik “surat” untuk pembuatan surat, berikut tampilannya:

Halaman Cara Cetak Surat

Gambar 11 Halaman Cara Cetak Surat.

Pilih dan klik template surat yang diinginkan kemudian isi form yang diperlukan. setelah selesai klik Cetak untuk menyimpan surat dalam bentuk Word.

Halaman Isi Surat

Gambar 12 Halaman Isi Surat.

Masukan nama file dan klik “save” untuk menyimpan berkas.

Halaman Cetak Surat

Gambar 13 Halaman Cetak Surat.

1.4 Filtering dan pencarian data penduduk

Untuk Filtering memiliki 2 cara, cara yang pertama dapat mengklik tombol ktp, kontak, keluarga yang terdapat pada radio button bagian atas. Berikut tampilan untuk filtering berdasarkan kontak:

Halaman Filering Dengan Tombol

Gambar 14 Halaman Filering Dengan Tombol.

Cara yang kedua yaitu dapat mengklik pada kolom header, berikut contoh dilter data kependudukan yang beragama Islam:

Filtering Data Penduduk Dengan Kolom

Gambar 15 Filtering Data Penduduk Dengan Kolom.

Klik sama dengan dan isi value yang akan di filter dan klik “saring”, berikut hasil dan contohnya:

Filtering Kolom dengan "sama dengan"

Gambar 16 Filtering Kolom dengan “sama dengan”.

Untuk melakukan pencarian pada data penduduk, pengguna dapat memasukan kata kunci pada kolom pencarian yang terdapat pada pojok kanan atas dan tekan “Enter” pada keyboard untuk mencari, berikut adalah tampilannya:

Pencarian Data Penduduk

Gambar 17 Pencarian Data Penduduk.

Pengelolaan data keluarga

Untuk melihat data keluarga dari suatu penduduk dapat dilakukan dengan cara pilih baris penduduk yang ingin ditampilkan data keluarganya, kemudian klik menu “Keluarga”.Berikut tampilan dan penjelasan masing-masing menu pada halaman data keluarga:

Halaman Pengelolaan Data Keluarga

Gambar 18 Halaman Pengelolaan Data Keluarga.

beranda : Tombol Kembali ke halaman Utama

simpan : Untuk Menyimpan Data Keluarga

info : Untuk melihat info file, versi dan perubahan lokal.

statistik : Untuk melihat statistik kependudukan dalam satu desa.

2.1 Import Peta

Untuk mengimport peta dapat dilakukan dengan cara klik tombol import kemudian pilih indikator, pilih file peta sesuai dengan indokatornya dan klik tombol impor

Import Peta

Gambar 25 Import Peta.

2.2 Mengubah peta

Untuk mengubah peta dapat menggunakan editor online yaitu http://geojson.io langkah yang dilakukan adalah, klik kiri pada bagian yang akan di edit tekan CTRL+X untuk memotong bagian yang akan diubah, kemudian klik tombol geojson setelah halaman web geojson.io terbuka tekan CTRL+V pada bagian kanan layar. pada toolbar geojson klik editgeojson untuk mulai mengedit. setelah selesai pilih save kemudian copy semua data json dengan menekan CTRL+A & CTRL+C

Ubah Peta

Gambar 25 Ubah Peta.

kembali ke aplikasi sidekakemudian tekan CTRL+V untuk menaruh potongan peta yang sudah diubah.

Hasil Ubah Peta

Gambar 25 Hasil Ubah Peta.

2.2 Cetak Peta

Untuk mencetak peta dapat dilakukan dengan cara klik tombol cetak kemudian, sistem akan menampilkan preview dari peta desa. klik tombol cetak yang terdapat pada kiri atas layar, tentukan tempat penyimpanan file kemudian klik tombol save untuk menyimpan peta dalam bentuk PDF.

Cetak Peta

Gambar 25 Cetak Peta.

2.3 Latar Belakang Peta

Bila diperlukan pengguna dapat memasukkan latar belakang pada peta saat ini tersedia 4 pilihan latar yaitu : Open Street Map, Open Topo Map, ESRI Imagery, & Mapbox Satellite.

Latar Belakang Peta

Gambar 25 Latar Belakang Peta.

Pengelolaan Keuangan

Untuk melakukan pengelolaan data Keuangan sebelumnya pengguna melakukan konfigurasi pada halaman utama SiDeKa kemudian pilih tab “Siskeudes” pengguna dapat mengimport database dari aplikasi SISKEUDES yaitu file yang berk ekstensi .mde kemudian mengunggahnya kedalam SiDeka.

Konfigurasi Siskeudes

Gambar 24 Konfigurasi Siskeudes.

Apabila tidak mempunya file .mde dari Siskeudes pengguna dapat membuat database baru dengan cara klik “Buat Database Baru” kemudian mengisi kolom yang diperlukan.

Buat Database Baru

Gambar 25 Buat Database Baru.

Beri centang untuk Sinkronisasi Automatis kemudian Klik tombol simpan untuk menyimpan perubahan.

3.1 Perencanaan

Pada Menu perencanaan, Bagian “Renstra” klik tombol tambah untuk mengisi visi, misi, sasaran,& Tujuan

Halaman Perencanaan Tab Renstra

Gambar 26 Halaman Perencanaan Tab Renstra.

Pada Menu perencanaan, Bagian “RPJM” klik tombol tambah untuk menambahkan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah)

Halaman Perencanaan Tab RPJM

Gambar 26 Halaman Perencanaan Tab RPJM.

Pada Menu perencanaan, Bagian “RKP (1-6)” klik tombol tambah untuk menambahkan RKP(Rencana Kegiatan Pembangunan)

Halaman Perencanaan Tab RKP

Gambar 26 Halaman Perencanaan Tab RKP.

3.2 Penganggaran

Pada Menu penganggaran, Bagian “kegiatan” klik tombol tambah untuk mengisi kegiatan beserta anggaran per kegiatan.

Halaman Penganggaran Kegiatan

Gambar 26 Halaman Penganggaran Kegiatan.

Pada Menu penganggaran, Bagian “rab” klik tombol tambah untuk mengisi RAB (Pendapatan, Belanja, Pembiayaan).

Halaman RAB Kegiatan

Gambar 26 Halaman RAB Kegiatan.

3.3 Penatausahaan

Terdapat 2 sub menu pada bagian penatausahaan yaitu Penerimaan & SPP.

Pada Halaman Utama klik menu Penatausahaan, sub menu Penerimaan pengguna dapat menambahkan detail penerimaan dengan cara klik tombol tambah kemudian mengisi data penerimaan.

Halaman Penerimaan

Gambar 26 Halaman Penerimaan.

Pada Halaman Utama klik menu Penatausahaan, sub menu SPP pengguna dapat menambahkan detail SPP dengan cara klik tombol tambah kemudian mengisi data SPP.

Halaman SPP

Gambar 26 Halaman SPP.